Kamis, 14 Juli 2011

Sola Fide dan Sola Scriptura

Sedikit penjelasan singkat.

Sola Fide

Sola Fide berarti "Hanya Iman", prinsip Protestantisme bahwa hanya iman yang membuat manusia benar. Ini tidak berarti Protestant menganggap perbuatan itu tidak penting, tapi mereka menganggap bahwa perbuatan itu hanyalah "tanda luar" dari iman. Prinsip Sola Fide ini juga membuat banyak Protestant berpendapat akan Sekali Selamat, Terus Selamat yang maksudnya, setelah orang itu diselamatkan maka meskipun dia berdosa, dosa tersebut tidak akan mempengaruhi keselamatan dia.


Sola Scriptura
Prinsip Protestant bahwa hanya Alkitablah sumber iman yang tidak dapat salah. Dan semua ajaran tentang Kristus bisa di mengerti dengan JELAS hanya dengan membaca alkitab (perspicuity of scripture).




Sola Fide

Martin Luther dalam proses menerjemahkan Alkitab ke Bahasa German telah MENAMBAHKAN kata "Hanya" (Sola) di surat Paulus ke Roma pada kata "Iman", dan membuat phrase BARUyang berbunyi "Hanya Iman" (Sola Fide). Kenapa dia melakukan ini? Untuk menyesuikan kitab dengan doktrinnya.

PADAHAL, Luther sebenarnya TIDAK PERLU menambahkan kata "Hanya", karena dibagian lain alkitab kita bisa temukan satu-satunya tempat dimana BENAR-BENAR ADA (dan bukannya ditambahkan) konsep "Hanya Iman". Dimanakah itu? Silahkan lihat Yakobus 2:24. Di Versi Indonesia kurang jelas, maka ini dari Revised Standard Version:


James 2:24 (RSV)
2:24
24 You see that a man is justified by works and not by faith alone.



Tapi, tentu saja ini lain sekali dengan yang diharapkan Luther. Karena Surat Yakobus mengajarkan Iman+Perbuatan. Dan bahkan Yakobus mewanti-wanti terhadap konsep "Hanya Iman". Jadi singkatnya ALKITAB MELARANG KONSEP SOLA FIDE!


Dan tentu saja Surat Rasul Yakobus inilah yang membuat Luther pusing kepala. Sampai-sampai dia menaruh Surat Yakobus (dan juga Wahyu, Ibrani, Surat Yudas) di "Lampiran" di Kitab German yang dibuat dia. Bahkan suatu kali, karena kebenciannya terhadap surat Yakobus yang bertentangan dengan theologi dia, Luther pernah berkata:

"That epistle of James gives us much trouble, for the papists embrace it alone and leave out all the rest. . . . .Accordingly, if they will not admit my interpretation, then I shall make rubble also of it. I almost feel like throwing Jimmy into the stove, as the priest in Kalenberg did" (Luther 34:317).

"Surat Yakobus memberi kita banyak masalah, karena Papist (sebutan ejekan bagi umat Katolik yg dipake Luther) menganutnya sendiri dan meninggalkan yang lain-lainnya.... Karenanya, jika mereka tidak mengakui penafsiranku aku akan menghancurkannya (Surat Yakobus). Aku hampir merasa seperti melemparkan "Jimmy" (sebutan bagi Surat Yakobus) ke perapian, seperti yang dilakukan Romo/Pastor di Kalenberg" (Luther 34:317)



Sola Scriptura

Inilah ayat yang menyanggah konsep Sola Scriptura

2 Thessalonians 2:15 (KJV)
Therefore, brethren, stand fast, and hold the traditions which ye have been taught, whether byword, or our epistle

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.


Bisa dilihat bahwa ini sudah sangat sesuai dengan ajaran Gereja Katolik yang menolak mentah2 Sola Scriptura karena tidak Alkitabiah. Gereja Katolik menganggap bahwa Tradisi Suci dan Kitab suci adalah sumber iman umat Kristus, ini sudah sangat sesuai dengan ayat diatas. Plus, Kitab Suci sebenarnya adalah bagian dari Tradisi, jaman dahulu umat Kristus tidak memakai Alkitab seperti sekarang ini (dan Gereja KAtoliklah yang pada akhirnya menyusun Alkitab).


Beberapa ayat yang mendukung Tradisi Suci

2 Thessalonians 3:6 (KJV)
Now we command you, brethren, in the name of our Lord Jesus Christ, that ye withdraw yourselves from every brother that walketh disorderly, and not after the tradition which he received of us.

2 Tesalonika 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamumenjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

Disini ditunjukkan bagaimana Paulus menyuruh orang umat untuk menjauhkan diri dari umat lain yang tidak menuruti tradisi/ajaran yang telah diterima dari Rasul.



1 Corinthians 11:2 (KJV)
Now I praise you, brethren, that ye remember me in all things, and keep the ordinances, F32 as I delivered them to you.

--------------------------------------------------------------------------------
FOOTNOTES:
F32: ordinances: or, traditions



1 Korintus 11:2
Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguhberpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.

Disini Paulus memuji mereka yang taat terhadap tradisi/ajaran para rasul yang diteruskan oleh Paulus.




Kemudian, kalau kita lihat Bapa Gereja Awal, tidak ada yang mengajarkan Sola Scriptura. Bahkan, yang mengajarkan Sola Scriptura adalah para penganut ajaran sesat. Yang aku tahu adalah Donatist, yang kemudian di sanggah oleh St Agustinus. St Agustinus yang saat melawan ajaran sesat Manichaen berkata:


"I should not believe the Gospel except as moved by the authority of the Catholic Church."
(St. Augustine, Against the Epistle of Manichaeus Called Fundamental, 5,6)


"Aku tidak akan mempercayai Injil kecuali kalau tidak di gerakkan oleh otoritasGereja Katolik"


ekaristi.org

_________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar