Minggu, 16 Oktober 2011

Mengenal Gereja Katolik Secara Umum

Apakah anda Katolik atau bukan, anda mungkin pernah bertanya-tanya mengenai hal-hal yang menyangkut iman Katolik.

Halaman ini bermaksud untuk memberikan berbagai informasi seputar Gereja Katolik. Apakah itu menyangkut Paus, para Rasul, kongregasi religius dan lain-lain sebagainya. Kami berharap dengan membaca-baca apa yang tertulis dalam kategori ini dapat memperkaya pengetahuan anda mengenai Gereja yang didirikan oleh Yesus 2000 tahun yang lalu. Terima kasih atas kunjungan anda!

Sejarah Gereja secara kronologis
Berisi tanggal-tanggal dan kejadian-kejadian penting dalam Sejarah Gereja.

Para Rasul dan Penginjil
Umat Kristen pasti familiar dengan para Rasul dan Penginjil seperti yang kisah-kisahnya tertera dalam kitab-kitab Perjanjian Baru. Namun tidak ada salahnya kalau anda membaca tulisan ini yang berisi rangkuman singkat latar belakang para Rasul dan Penginjil. Siapa tahu isinya bisa menambah khasanah pengetahuan Kristiani anda.

Para Bapa Apostolik Gereja
Setelah wafatnya Yesus, para Rasul meneruskan mewartakan Kabar Gembira kepada segenap bangsa. Para Bapa Apostolik adalah para pendahulu Gereja yang merupakan murid-murid langsung dari para Rasul. Mereka hidup pada masa para Rasul masih hidup dan mendengar khotbah dan ajaran dari mulut para Rasul sendiri.

Para Bapa dan Doktor Gereja
Para pengajar yang luar biasa tidak hanya ada pada jaman Apostolik. Sepanjang jaman, Gereja katolik terus dikaruniai dengan berbagai "guru besar" yang lewat tulisan-tulisannya menunjukkan pemahaman iman Kristiani yang sangat mendalam. Mereka diangkat sebagai "doktor Gereja" karena gema tulisannya yang masih terus mempengaruhi pemikiran Gereja Katolik masa kini dan seterusnya.

Para Paus Gereja Katolik
Jabatan yang diemban oleh para Rasul diteruskan oleh para penggantinya. Lewat Alkitab kita mengetahui bahwa Gereja perdana mengangkat para uskup sebagai penerus para Rasul. Diantara semua uskup, Uskup Roma memegang jabatan yang spesial karena otoritas khusus yang diberikan oleh Yesus kepada Petrus, untuk memimpin Gereja-Nya di dunia. Setelah wafatnya Petrus, diangkatlah para penggantinya satu demi yang lain. Paus Yohanes Paulus II misalnya, adalah penerus ke-263 dari Tahta Petrus. Tulisan ini memuat daftar lengkap para Paus Gereja Katolik berikut masa jabatannya, nama asli dan gelarnya, dan biografi singkat mengenai Paus tersebut.

Kongregasi / tarekat religius
Setelah penindasan terhadap umat Kristen mereda dengan diterimanya Kristen oleh kekaisaran Romawi, para kaum religius Gereja memulai pola hidup membiara (monasticism), yang seringkali disebut sebagai "kemartiran putih". Para biarawan ini memiliki aturan-aturan tertentu, semacam undang-undang yang direstui oleh otoritas Gereja. Pada perkembangannya, kelompok-kelompok ini membentuk kongregasi atau tarekat religius dengan namanya masing-masing. Tulisan ini memuat daftar lengkap kongregasi / ordo / tarekat religius yang dikenal dalam Gereja Katolik. Untuk sementara daftarnya hanya memuat tarekat religius pria.

Ritus-ritus Gereja Katolik Timur
Ketika Gereja perdana berdiri di tanah Palestina, ada banyak bangsa-bangsa lain non-Yahudi yang berdiam dan hidup berdampingan di wilayah tersebut maupun wilayah-wilayah seputarnya. Setelah Rasul Petrus menerima wahyu bahwa firman Allah juga bagi kaum non-Yahudi, maka mulailah berbagai etnis ini menerima firman Tuhan. Adat-istiadat mereka tak pelak lagi turut memperkaya Tradisi Liturgi Gereja dan ini bisa dilihat dari berbagai ritus-ritus yang hidup hingga kini. Gereja Katolik mengenal 22 ritus yang masing-masing memiliki ciri-ciri yang khas walau semuanya tetap memiliki unsur-unsur Liturgi yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar